Jangan Sembarangan Bersin Di Dalam Ruangan, Beginilah Akibatnya

bersin, flu, penyakit alergi Masih ingatkah anda tentang artikel sebelumnya tentang kenapa bersin harus menutup mata?. Jika masih lupa-lupa ingat, silahkan diklik saja tautan sebelumnya untuk sekedar bernostalgia. Baiklah sementara anda bernostalgia, saya akan melanjutkan ke paragraf selanjutnya. Yooooook!!!!

Menurut laporan terbaru yang dipublikasikan Journal of Royal Society Interface, satu kali bersin bisa mengontaminasi sebuah ruangan untuk periode waktu lebih dari satu jam. Peneliti dari Virginia Tech, Amerika Serikat menganalisis sampel udara dari tiga buah pesawat terbang, ruang tunggu pada sebuah klinik kesehatan, dan tiga ruang perawatan.

Hasilnya, separuh sampel udara yang diperoleh mengandung partikel udara yang terkontaminasi virus flu. Dari rata-rata, satu meter kubik udara yang dijadikan sampel tercatat mengandung lebih dari 16 ribu partikel virus flu. Virus tersebut masih tetap aktif di udara meskipun telah lebih dari satu jam keluar dari saluran pernafasan penderita flu yang bersin.

Mengingat tingginya konsentrasi virus tersebut di udara, jika seseorang terus menghirup udara di ruangan tersebut selama satu jam, jumlah virus sudah cukup untuk memicu infeksi. Partikel udara yang mengandung virus tersebut cukup kecil hingga memungkinkan satu partikel terkecil sekalipun bisa bertahan selama beberapa hari.

Hati-hati ya kalau mau bersin di dalam ruangan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar